Mempersiapkan acara Intel Developer Forum (IDF) yang akan dimulai di tanggal 2 April di Shanghai, senior VP Intel Pat Gelsinger memberikan bocoran tentang apa yang akan mereka umumkan di IDF. Topik terpanas kali ini adalah produk chip grafis pertama Intel yang akan datang, yaitu Larrabee.
Intel Larrabee
Sebuah perusahaan baru yang bernama Larrabee Development Group, telah menetapkan sebuah target yang sangat ambisius, yakni mengalahkan AMD/ATI dan Nvidia serta menjadi produsen chip kartu grafis terbesar. Dan mereka memiliki kans besar untuk menuai sukses. Kesuksesan ini ternyata sangat masuk akal karena di belakang Larrabee telah berdiri Intel. Seperti diketahui, raksasa prosesor ini juga mulai memasuki pasar kartu grafis. Namun pada awalnya, produksinya ditujukan khusus untuk chipset Intel saja.
Salah satu topik yang paling ditunggu - tunggu adalah Larrabee, produk many core pertama Intel yang akan dirilis sebagai sebuah kartu grafis di tahun 2009 atau 2010. Intel akan menyaingi AMD dan Nvidia dalam segmen atas industri grafis dengan menggunakan core IA biasa. Menurut Gelsinger, kekuatan utama dari Larrabee adalah engine floating point-nya yang memiliki kemampuan kalkulasi lebih dari 1 Teraflop, melampaui kinerja dari kartu grafis Tesla dari Nvidia dan Firestream dari AMD.
Larrabee adalah prosesor yang akan menggunakan banyak inti (multi-core), dan memiliki pemroses grafik terintegrasi sehingga mampu menjalankan aplikasi-aplikasi grafis. Ini juga merupakan jawaban dari rencana AMD untuk meluncurkan prosesor fusi, yang menggabungkan prosesor dengan pemroses grafik dalam satu chip. Untuk dapat berkompetisi dengan dominasi AMD dengan dukungan produsen grafis kawakan, Nvidia, kata Gelsinger, Intel akan mendesain Larrabee bisa mengerjakan tugas-tugas yang lebih luas. Larrabee bakal menggunakan arsitektur cache baru. "Kami telah memiliki produk Larrabee yang sedang dikembangkan, dan pengembangannya berjalan sangat lancar," ujar Gelsenger. Menurut dia, Larrabee akan memiliki kecepatan proses data hingga bilangan teraflop (ribuan miliar perhitungan per detik).
Intel mengakuisi developer game untuk menyaingi NVIDIA
Demi ambisinya untuk terjun ke bisnis videocard, intel mulai memantapkan langkahnya dengan mengakuisisi developer game yaitu Offset Software.
Sebelumnya intel juga telah mengakuisisi Neoptica, perusahaan software 3D yang beranggotakan para insinyur jebolan NVIDIA, Electronic Arts, Dreamworks, Pixar, dan Sony divisi Playstation3.
Tom Forsyth, yang merupakan pakar Direct3D Graphic Programming, bahkan juga sudah direkrut intel dari RAD Game Tools untuk bergabung ke dalam team proyek Intel Larrabee.
Kabarnya intel bahkan juga berencana untuk mengakuisisi Crytek, developer game Crysis yang terkenal itu.
Akuisisi ini dilakukan intel untuk mendukung proyek videocard mereka yaitu Larrabee yang ditargetkan untuk hadir di tahun 2009-2010.
Di bisnis videocard, lawan tangguh intel bukanlah ATI-AMD, namun NVIDIA yang kini berhasil menguasai 95% pangsa pasar videocard karena memiliki hubungat yang erat dengan para developer game. Oleh karena itu intel mencoba melakukan strategi dengan mengakuisisi para developer game.
Intel sepertinya tahu bahwa NVIDIA tak dapat dikalahkan dengan keunggulan teknologi semata, ini telah dibuktikan oleh ATI-AMD yang akhirnya babak belur dan berdarah-darah karena bersaing dengan NVIDIA. Oleh karena itu, cara Intel untuk mengalahkan NVIDIA adalah dengan menghancurkan relasi NVIDIA dengan para game developer (dengan cara mengakuisi developer game tersebut agar memihak intel). Dengan begitu diharapkan nantinya akan makin banyak game yang bermasalah dengan videocard NVIDIA. Sama seperti yang sekarang dilakukan NVIDIA & developer game terhadap ATI, yaitu membuat makin banyak game bermasalah dengan videocard ATI.
Sekitar 9 tahun yang silam, intel pernah mencoba memasuki bisnis videocard yaitu dengan menghadirkan intel i740, namun tidak sukses karena masalah kompatibiltas dengan banyak game. Kita lihat saja apakah mereka nantinya akan berhasil dengan strategi barunya. http://blogs.intel.com/re...he_problem_with_gpgpu.php
Tom Forsyth, yang merupakan pakar Direct3D Graphic Programming, bahkan juga sudah direkrut intel dari RAD Game Tools untuk bergabung ke dalam team proyek Intel Larrabee.
Kabarnya intel bahkan juga berencana untuk mengakuisisi Crytek, developer game Crysis yang terkenal itu.
Akuisisi ini dilakukan intel untuk mendukung proyek videocard mereka yaitu Larrabee yang ditargetkan untuk hadir di tahun 2009-2010.
Di bisnis videocard, lawan tangguh intel bukanlah ATI-AMD, namun NVIDIA yang kini berhasil menguasai 95% pangsa pasar videocard karena memiliki hubungat yang erat dengan para developer game. Oleh karena itu intel mencoba melakukan strategi dengan mengakuisisi para developer game.
Intel sepertinya tahu bahwa NVIDIA tak dapat dikalahkan dengan keunggulan teknologi semata, ini telah dibuktikan oleh ATI-AMD yang akhirnya babak belur dan berdarah-darah karena bersaing dengan NVIDIA. Oleh karena itu, cara Intel untuk mengalahkan NVIDIA adalah dengan menghancurkan relasi NVIDIA dengan para game developer (dengan cara mengakuisi developer game tersebut agar memihak intel). Dengan begitu diharapkan nantinya akan makin banyak game yang bermasalah dengan videocard NVIDIA. Sama seperti yang sekarang dilakukan NVIDIA & developer game terhadap ATI, yaitu membuat makin banyak game bermasalah dengan videocard ATI.
Sekitar 9 tahun yang silam, intel pernah mencoba memasuki bisnis videocard yaitu dengan menghadirkan intel i740, namun tidak sukses karena masalah kompatibiltas dengan banyak game. Kita lihat saja apakah mereka nantinya akan berhasil dengan strategi barunya. http://blogs.intel.com/re...he_problem_with_gpgpu.php
Intel mau membeli Havok
Havok, standar Physic untuk efek game dibeli oleh Intel. Katanya, Havok akan dioptimasi bagi Larrabee
Havok, standar Physic untuk efek game ingin diambil Intel. Katanya, Havok akan dioptimasi bagi Larrabee.
Sepertinya Intel akan memiliki team pengembang didunia game
Sisi negatif, dampaknya akan menyentuh AMD dan Nvidia. Nvidia menjadi teman Havok untuk membuat HavokFX, IE physic didalam GPU. Untuk AMD, Intel memiliki kompiler bagi game dan berdampak besar bagi AMD.
Sisi console. AMD belum bermain lebih banyak dibidang ini, tetapi bisa saja mereka mendisain untuk console.
Intel dipastikan memiliki manfaat dibanding Ageia. Membuat Physic middleware dari hardware, dan sistem API serta software pada beberapa sistem.
Informasi lain. Havok sebagai pengembang software tool banyak digunakan bagi game dan animasi digital.
Teknologinya sudah digunakan pada 140 game seperti BioShock, Stranglehold, Halo 2, Half Life 2, The Elder Scrolls IV: Oblivion, Crackdown, Lost Planet: Extreme Condition, MotorStorm dan Harry Potter and the Order of the Phoenix
Bila Intel benar benar mengambil Havok. Intel akan mengembangkan software untuk procesor mereka seperti sistem multicore , high performance Larrabee yang rumornya terintegrasi dengan vga didalam core procesor.
Sepertinya Intel akan memiliki team pengembang didunia game

Sisi negatif, dampaknya akan menyentuh AMD dan Nvidia. Nvidia menjadi teman Havok untuk membuat HavokFX, IE physic didalam GPU. Untuk AMD, Intel memiliki kompiler bagi game dan berdampak besar bagi AMD.
Sisi console. AMD belum bermain lebih banyak dibidang ini, tetapi bisa saja mereka mendisain untuk console.
Intel dipastikan memiliki manfaat dibanding Ageia. Membuat Physic middleware dari hardware, dan sistem API serta software pada beberapa sistem.
Informasi lain. Havok sebagai pengembang software tool banyak digunakan bagi game dan animasi digital.
Teknologinya sudah digunakan pada 140 game seperti BioShock, Stranglehold, Halo 2, Half Life 2, The Elder Scrolls IV: Oblivion, Crackdown, Lost Planet: Extreme Condition, MotorStorm dan Harry Potter and the Order of the Phoenix
Bila Intel benar benar mengambil Havok. Intel akan mengembangkan software untuk procesor mereka seperti sistem multicore , high performance Larrabee yang rumornya terintegrasi dengan vga didalam core procesor.
link :
http://www.xbitlabs.com/n...splay/20070627133943.html
http://beyond3d.com/content/news/565
http://arstechnica.com/ne...thcoming-gpu-product.html
http://www.hpcwire.com/hpc/1856011.html
http://blogs.intel.com/re...he_problem_with_gpgpu.php
http://www.hpcwire.com/hpc/1856011.html
http://groups.google.co.i...arch/msg/6dbc4b01073e163c
Tidak ada komentar:
Posting Komentar